Healthy
Lifestyle

Orthotics

Friday 2nd, 2017

Kali ini kita akan membahas mengenai apa sih perbedaan antara Flat feet dan High Arch. Kedua hal ini merupakan masalah yang umum terjadi pada kaki kita. Setiap kaki kita memiliki bentuk telapak yang berbeda-beda.

Berikut contoh bentuk kaki kita:

feet

Seperti gambar di atas, bentuk telapak kaki yang normal adalah lengkungan telapak kaki kita tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah atau ceper. Lalu apa saja sih perbedaan yang perlu kita ketahui mengenai flat feet dan high arch pada kaki kita.

 

Flat feet

Flat Feet atau Kaki ceper atau kaki datar biasanya terjadi karena pronation yang berlebihan atau

biasanya disebut over pronation. Keadaan dimana lengkungan kaki bagian dalam (Medial Arch) turun sangat drastis sehingga membuat telapak kaki menjadi datar. Flat foot sering dijumpai pada kaki anak-anak. Penyebabnya bisa dari keturunan, cara berjalan atau melangkah yang salah, pemakaian sepatu yang salah (terlalu besar atau terlalu sempit), atau disfungsi struktur tulang, otot dan urat pada kaki karena pernah cidera. Akibat yang timbul apabila tidak diberi penanganan adalah tubuh menjadi sering kehilangan keseimbangan, mudah jatuh ketika berjalan atau berolahraga, mudah lelah ketika berjalan, dan sering terasa nyeri pada pinggang.

 

High Arch

High Arch merupakan kebalikan dari Flat Foot, High Arch merupakan keadaan dimana telapak kaki bagian dalam memiliki lengkungan (Medial Arch) yang sangat tinggi. Ini salah satu penyebab terjadinya Supination. Akibatnya punggung kaki dan bagian Medial cenderung sakit karena tingginya Arch sehingga support kaki menjadi hanya tertumpu pada bagian depan dan tumit belakang kaki. Selain itu, tubuh menjadi mudah jatuh karena tidak stabil ketika berjalan, nyeri pada betis dan lengkungan telapak kaki.

 

Nah, setelah kita tahu apa perbedaan antara flat feet dan high arch, coba check kaki kita masing-masing dan segeralah berkonsultasi ke dokter sehingga kita dapat menjalani aktifitas tanpa terganggu masalah kaki.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at