Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Olahraga lari bagi pemilik kaki datar (Flat Feet) dapat terasa menyakitkan dan mempengaruhi performa Anda dalam berlari.Untuk pemilik kaki datar ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda mulai berlari, antara lain:

Pakailah Sepatu yang Tepat

Salah satu tips terpenting untuk pemilik kaki datar yang ingin mencoba olahraga lari adalah memilih sepatu lari yang baik, dan memberikan topangan yang cukup untuk lekuk kaki Anda. Pada beberapa kasus, insole digunakan di dalam sepatu lari untuk memberikan topangan ekstra. Gunakan insole yang di design khusus untuk berlari supaya kaki anda tetap nyaman pada saat berlari.

Postur dan Teknik yang Tepat

Anda juga perlu memastikan postur ketika berlari guna meminimalisir terjadinya cedera. Selain berguna untuk memberikan kenyaman saat berlari, fungsi insole juga dapat memperbaiki postur tubuh kearah yang benar.

Peregangan itu Penting

Pemilik kaki datar sangat disarankan untuk melakukan peregangan setiap selesai berlari. Peregangan ini juga meliputi peregangan lekukan kaki. Ikuti caranya berikut ini:

 Duduk di kursi dengan kaki menempel rata di lantai beralaskan handuk.

 Cobalah menggenggam handuk tersebut dengan melengkungkan jari-jari kaki.

 Begitu handuk sudah tergenggam, angkat kaki ke atas dengan handuk masih dalam genggaman.

 Peregangan ini dilakukan setidaknya 20 kali untuk masing-masing kaki supaya hasilnya efektif.

Alternatif Medan untuk Berlari

Berlari di permukaan yang keras seperti semen atau paving dapat meningkatkan resistensi dibandingkan bila Anda berlari di atas rumput atau permukaan tanah. Bila telapak kaki terasa sakit, mungkin sebaiknya Anda mengubah rute berlari yang biasa. Selain itu, penggunaan mesin non-impact seperti elliptical trainers atau stair machines dapat membantu permasalahan kaki Anda, mengingat keduanya tidak memiliki fitur yang memberikan tekanan terus-menerus..

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at